Pentingnya Simpanan

Simpanan
Koperasi

Modal utama koperasi bersumber dari anggota. Anggota koperasi menyetor modal yang dikenal dengan nama simpanan pokok dan simpanan wajib. Modal koperasi tidak hanya berbentuk simpanan pokok dan wajib. Selain itu, koperasi juga bisa mendpatkan modal dari cadangan koperasi. Cadangan koperasi atau cadangan modal berasal dari sisa hasil usaha yang sengaja dicadangkan. Pembentukan cadangan ini sesuai dengan anggaran dasar atau keputusan dari rapat anggota. Modal koperasi juga dapat bersumber dari pemberian cuma – cuma oleh perorangan atau lembaga untuk memperkuat modal koperasi. Modal pemberian ini disebut juga sebagai modal hibah atau modal donasi. Modal hibah atau donasi tidak perlu dikembalikan kepada anggota. Diantara semua sumber modal koperasi simpanan wajib anggota merupakan modal yang paling nyata untuk mengembangkan koperasi yang bertujuan mensejahterakan Anggota.

Simpanan Anggota KSP Nasari

Simpanan Wajib dan Pokok

Simpanan Wajib

Simpanan yang wajib di bayar sebulan sekali. Besarnya simpanan Wajib di KSP Nasari adalah Rp. 2.500,-/bulan.

Simpanan hanya bisa di ambil kembali ketika keluar dari keanggotaan Koperasi.

Simpanan Pokok

Simpanan yang di bayar sekali selama menjadi anggota KSP Nasari. Besarnya simpanan Pokok di KSP Nasari adalah Rp. 200.000,-.

Simpanan Pokok hanya bisa di ambil kembali ketika keluar dari keanggotaan Koperasi

“Setiap penyimpan di KSP Nasari harus menjadi anggota Koperasi dengan memenuhi kewajiban untuk menyimpan simpanan pokok dan simpanan wajib.”