Lawan Covid-19, Koperasi Dan UMKM Dukung Pemerintah

5ead123e39495

Nasari Cooperative Group mendukung pemerintah dalam menangani wabah virus corona lewat program Nasari Peduli Covid-19.

Program tersebut diluncurkan secara nasional sejak dua minggu lalu dalam menyambut 75 tahun Indonesia merdeka hingga Agustus mendatang.

Ketua Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Nasari Syariah, Chandra Vokav Saritua, mengatakan salah satu bentuk kepedulian adalah memberi donasi ke masyarakat yang membutuhkan bantuan.

“Sebanyak 75.000 masker, 7.500 APD, 7.500 paket sembako, dan 7.500 paket berbuka puasa, serta 750 penyemprotan disinfektan di pesantren, sekolah, serta tempat ibadah,” kata Chandra dalam pernyataan tertulis, Sabtu (2/5/2020).

Adapun, Nasari Syariah memberi donasi berupa hazmat suit, medical goggle, face shield, surgery mask, shoe cover, dan medical gloves yang total berjumlah 3.000 buah, serta 300 liter disinfektan ke Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah.

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti, mengapresiasi bantuan tersebut yang disampaikan pada Jumat (1/5/2020). Menurut dia, donasi itu membantu petugas di lapangan yang terus bekerja semaksimal mungkin memberi pelayanan kepada masyarakat. Apalagi, imbuh dia, APD tenaga medis bukanlah baju biasa yang dapat dipakai berulang sehingga kebutuhan pelindung diri tersebut sangat banyak.

Sebagai informasi, hingga 28 April 2020, ada 71 rumah sakit Muhammadiyah yang terlibat menangani Covid-19 dengan lebih 2.500 pasien. “Bukan soal jumlah yang diberikan tapi semangat persatuan yang menjadikan Covid-19 sebagai masalah bersama. Saling bahu-membahu menyelesaikan masalah, bukan saling menyalahkan,” kata dia. 

Dukungan UMKM 

Chandra menjelaskan, APD yang diserahkan merupakan produksi UMKM binaan Koperasi Nasari. “Mereka banting setir demi bertahan hidup di tengah dampak ekonomi akibat pandemi,” ujarnya.

Nasari Group juga mendorong pemerintah segera membuat panduan fase dan prasyarat yang akan mengatur tata cara kegiatan masyarakat.

Wakil Ketua Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Nasari, Frans Meroga Panggabean, mengatakan pengusaha ingin berproduksi normal kembali dan pekerja juga ingin produktif kembali untuk menghidupi keluarganya. “Ayo pemerintah yang harus jadi motor memberi kepastian dan harapan bagi banyak pihak yang ingin beraktivitas normal kembali dan kembali produktif tanpa diliputi rasa takut,” ucap dia

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *