Aksi Peduli Nasari Syariah Gandeng RSI NU

lawan-pandemi-covid-19-donasikan-2500-set-apd-dan-3500-pcs-masker_c_198082

Lawan Pandemi Covid-19, Donasikan 2.500 Set APD dan 3.500 Pcs Masker​

Nasari Cooperative Group dalam hal ini Koperasi Nasari Syariah mendukung pemerintah dalam menangani wabah virus corona (Covid-19) lewat program Nasari Peduli Covid-19. Program tersebut diluncurkan secara nasional sejak awal Mei lalu dalam menyambut 75 tahun Indonesia merdeka hingga Agustus mendatang.

“Sebanyak 75.000 masker, 7.500 APD, 7.500 paket sembako, dan 7.500 paket berbuka puasa serta 750 penyemprotan disinfektan di pesantren, sekolah, serta tempat ibadah yang merupakan rangkaian aksi kemanusiaan yang digalang oleh Nasari Group tahun ini,” kata Chandra Saritua, MBA selaku Ketua Nasari Syariah dalam pernyataan tertulis yang disampaikan pada Senin (8/6) di kantor Nasari Cabang Surabaya.

Dalam Aksi Peduli di Surabaya, Nasari Group melalui Koperasi Nasari Syariah memberikan donasi dalam bentuk 2.500 set APD (baju hazmat, shoe cover) dan 3.500 pcs masker medis kepada RSI Nahdlatul Ulama Surabaya, Senin (8/6).

Aksi Peduli sebelumnya telah disalurkan melalui PP Muhammadiyah sebanyak 3.000 APD yang diserahkan pada tanggal 1 Mei 2020 yang lalu di Jakarta. Kegiatan aksi peduli ini memberikan harapan dan optimisme bahwa koperasi dan UKM bisa terus bertahan dan menjadi penyelamat ekonomi kerakyatan, khususnya di masa krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Donasi APD ini terutama diperuntukkan untuk pahlawan medis antara lain dokter, perawat, staf RS dan pengemudi ambulans sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid 19. Kerja sama dengan RSI ini karena NU adalah ormas Islam terbesar di Indonesia dan mempunyai rumah sakit terbesar untuk penanganan Covid-19 di Surabaya.

APD yang diserahkan merupakan hasil produksi langsung anggota binaan UKM Nasari Syariah yang ada di wilayah Surabaya dan sekitarnya yang banting setir untuk tetap bertahan dan berkarya.

Sebelumnya, pada 9 Mei 2020 yang lalu, Koperasi Nasari Syariah mengadakan Aksi Peduli berkoordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Jakarta dan memberikan bantuan sembako berupa 5 ton beras, 5 ton minyak, 5.000 bungkus mi instan, 2,5 ton gula pasir, dan 10.000 bungkus kopi instan.

“Ditambah juga masker kain produksi pelaku UKM anggota binaan kami sebanyak 5.000 buah serta 250 liter cairan desinfektan yang disebar ke pesantren dan masjid,” jelas Chandra selaku ketua Nasari Syariah.

Ketua Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Nasari Syariah, Chandra Vokav Saritua mengatakan, salah satu bentuk kepedulian adalah memberi donasi ke masyarakat yang paling membutuhkan bantuan yang tepat sasaran.

Di Surabaya, penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Pimpinan Cabang KSP Nasari Surabaya, Amran Banjarnahor, kepada Direktur RSI Surabaya A Yani, Dr Samsul Arifin, MARS. “Ini kami lakukan dalam rangka kepedulian Nasari Grup. Sekaligus memperingati 75 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia,” kata Amran.

Di Surabaya, sebelumnya Nasari Grup juga memberikan bantuan kepada 22 puskesmas. Di antaranya Puskesmas Asemrowo dan Puskesmas di Jalan Arjuno. “Semua APD ini merupakan hasil produksi UKM binaan KSP Nasari Syariah. Jadi kami ingin memberdayakan mereka,” terangnya.

Direktur RSI Surabaya A Yani, dr Samsul Arifin, MARS mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada KSP Nasari atas bantuan ini. Pihaknya sangat membutuhkan APD karena setiap hari rata-rata dibutuhkan 25 APD. “APD ini kan sekali pakai, jadi kita butuh terus,” terangnya.

Saat ini pihaknya juga menyiapkan ruang isolasi untuk penyakit Covid-19. Hingga saat ini, ada sekitar 200 pasien yang diisolasi di RSI NU A Yani Surabaya.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *